Informasi Ujian Tokuteiginou

Persyaratan pengurusan visa Tokuteiginou

Salah satu persyaratan untuk mengajukan permohonan status tinggal sebagai “Pekerja Berketrampilan Khusus/ SSW (Specified Skilled Worker), pelamar harus lulus ujian bahasa Jepang dan ujian keterampilan.

UJIAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG

Japan Foundation Test for Basic Japanese (JFT-Basic)

国際交流基金日本語基礎テスト

Ujian Bahasa Jepang Dasar The Japan Foundation (Japan Foundation Test for Basic Japanese, disingkat : JFT-Basic) ditujukan bagi orang asing yang akan datang ke Jepang untuk bekerja, guna mengukur kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan untuk berkomunikasi dalam situasi kehidupan sehari-hari serta menilai kualifikasi mereka dalam hal “kemampuan percakapan sehari-hari dan kemampuan selama hidup di Jepang tanpa adanya kesulitan”.JFT-Basic akan diterapkan sebagai ujian yang mengukur standar kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan untuk memperoleh status izin tinggal sebagai ”Pekerja Berketerampilan Khusus No.1” yang diberlakukan sejak 1 April 2019.


UJIAN KETERAMPILAN

介護 / KAIGO / PERAWAT LANSIA

Staf perawat lansia adalah tenaga profesional yang bertugas memberikan dukungan terhadap orang-orang yang mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas keseharian karena lanjut usia atau disabilitas, agar orang tersebut dapat terus menjalani kehidupan sesuai dengan keinginannya.

漁業 / gyo gyo / perikanan

Dari total 14 bidang pekerjan yang ada dalam program SSW, bidang perikanan membutuhkan 9000 orang tenaga kerja asing dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Yang nantinya akan ditempatkan disektor Perikanan (nelayan) dan sektor Budidaya perikanan. Sektor Perikanan dan Budidaya adalah sektor yang berkaitan dengan pengelolaan atau budidaya ikan dan lingkungannya mulai dari proses pra-produksi, produksi, pengolahan, sampai kepada proses pemasaran yang dilakukan dalam sistem bisnis perikanan.